Bagaimana Sebuah Akun Bisa Kehilangan Centang Biru atau verified Account?

Kemarin ada sebuah insiden yang menimpa akun twitter pemerintah tepatnya milik akun kepolisian yakni Divisi Humas POLRI  @DivHumas_Polri yang tadinya username @DivHumasPolri. Diakun Polri tersebut muncul sebuah tweet yang tidak sesuai atau tidak layak di tweet di timeline akun resmi pemerintah apalagi milik kepolisian. Begini penampakan tweetnya.

Tanda Verifikasi akun divisi humas polri dicabut
Beberapa saat kemudian akun tersebut langsung menghapus tweet yang dimaksud dan menyatakan permohonan maaf kepada publik. Beserta penjelasan bahwa aktivitas tweet tersebut ilegal,atau bukan tweet resmi admin @DivHumas_Polri.
Kenapa tanda verifikasi akun centang biru bisa dicabut

Namun ternyata insiden itu berbuah pencabutan tanda centang biru alias tanda verified account yang disematkan diakun milik polri tersebut. Sungguh suatu hal yang sangat mengejutkan,ketegasan pihak twitter memang sangat menakutkan. Tapi memang itulah kelebihan twitter yang berupaya melindungi para penggunanya. 

Cara mendapatkan centang biru dan kenapa tanda verifikasi akun bisa dicabut pojok asyik

Hal semacam ini memang bukan pertama kalinya ,dimana pihak twitter menjatuhkan sanksi berupa pencabutan tanda verified account. Beberapa akun tercatat pernah mengalami pelucutan tanda centang biru. Sebut saja Milo Yiannopoulus dan Kessler. Untuk kasus Milo pihak twitter juga mengambil tindakan lebih lanjut dengan memblokir akun twitternya.

Lalu bagaimana sebuah tanda verifikasi akun dalam hal ini twitter bisa dicabut?

Pelucutan tanda verifikasi alias centang biru yang biasanya dimilliki akun selebriti,akun resmi pemerintah,atau akun publik figur yang berpengaruh ini disebabkan oleh pelanggaran terhadap aktivitas cuitan mereka yang tidak sesuai peraturan Twitter.
Peraturan yang dibuat oleh pihak twitter diantaranya adalah dilarang melakukan aktivitas tweet berupa ujaran kebencian,pelecehan seksual,mengancam atau menyerang orang lain karena ras/kulit/agama juga orientasi seksual,berkata-kata kasar dan aktivitas yang membahayakan diri sendiri seperti mengungkapkan keinginan untuk bunuh diri. Hal ini berlaku juga untuk akun organisasi.

Dan untuk kasus akun humas Polri,saya agak bingung hanya saja saya membatin mungkin karena akun itu diduga diretas,dan pihak twitter jadi meragukan keabsahannya. Atau karena akun itu mengubah usernamenya.Karena saya kurang memperhatikan,centang biru itu hilang saat sudah berganti username atau sebelumnya. Itu hanya analisa saya saja. Tidak tahu benar atau salah. 

Demikian sedikit ulasan tentang tanda centang biru alias tanda verifikasi akun. Tentang siapa yang bisa mendapatkan dan bagaimana tanda verified account bisa dicabut alias dilucuti.

Terimakasih sudah mampir. Jangan lupa dibagikan...

0 Response to "Bagaimana Sebuah Akun Bisa Kehilangan Centang Biru atau verified Account?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel