Tentang Aplikasi Smartphone Hoax Buster Tools

Sudah menjadi isu paling populer diranah informasi dalam dan luar negeri tentang keberadaan hoax atau informasi palsu yang akhir-akhir ini akibatnya sungguh sangat merusak. Tidak hanya merusak tatanan sosial masyarakat bahkan mengancam kehancuran sebuah negara. Di Indonesia yang setelah tertangkapnnya kelompok Saracen,kini yang sedang berurusan dengan aparat hukum adalah kelompok MCA atau Muslim Cyber Army,yang sering menggodok isu persekusi terhadap ulama dan kebangkitan PKI.

Dan entah apa yang ada di otak orang-orang yang menerima orderan membuat gaduh masyarakat dan mengancam keutuhan bangsa ini.Dan apakah para produsen hoax itu peduli? Tentu saja tidak. Mereka hanya peduli pada perut mereka sendiri. Saat ada orderan dari orang-orang berkepentingan datang,mereka akan menghalalkan segala cara untuk memproduksi hoax.
Belakangan ini mereka agak halus mainnya. Tidak lagi memproduksi gambar rekayasa,tapi meramu berita,gambar dan video yang ada tapi diberi keterangan atau caption yang berbeda dengan kenyataan atau kejadian sebenarnya. Mereka juga ahli memelintir kata-kata orang agar sesuai dengan opini yang ingin ia ciptakan. Mereka benar-benar perusak yang sangat keji dan berbahaya. Dan mereka benar-benar tidak merasa sedang melakukan tindakan yang  akibatnya bahkan bisa meruntuhkan sebuah negara.

Berbagai upaya dari pemerintah dan masyarakat yang peduli akan bahaya hoax telah dilakukan. Yang jelas diingat diantaranya gerakan dari kepolisian yang dikenal dengan "Turn Back Hoax" yang sempat populer sampai t-shirt nya mewabah ke mana-mana. Berbagai penyuluhan dilingkungan kampus dan masyarakat juga seringkali dilakukan. Dan melalui media tekhnologi kita juga telah ditawari berbagai aplikasi penangkal hoax yang bisa kita unduh di smartphone kita. Salah satunya adalah "Hoax Buster Tools" atau HBT.

Aplikasi Hoax Buster Tools penangkal MCA dan saracen blog pojok asyik

Hoax Buster Tools merupakan aplikasi yang di tawarkan oleh MAFINDO atau "Masyarakat Anti Fitnah Indonesia". Aplikasi ini telah merilis versi terbarunya dibulan Februari 2018. Dalam aplikasi ini kita tidak hanya bisa mencari tahu apakah sebuah berita,gambar atau video itu palsu atau tidak,tapi juga bisa menyelidiki sebuah akun sosial media orang-orang ternama. Apakah akun tersebut resmi milik seorang public figure,akun official organisasi/pemerintah atau hanya akun tuyul untuk menjaring banyak follower yang potensial jadi agen fitnah mereka.

Aplikasi Hoax Buster Tools ini akan mengecek apakah sebuah artikel berita diturunkan oleh media yang kredibel yang resmi terdaftar di Dewan Pers dan IWARI (Ikatan Wartawan Republik Indonesia) atau tidak.Hoax Buster Tools juga bisa diaplikasikan ke berbagai platform sosial media,seperi google,twitter dan facebook. Aplikasi ini cukup mudah dan ringan karena hanya memakai ruang memori sebesar 3,52 MB.
Silahkan cari di playstore kemudian baca-baca keterangannya.
Namun saya meragukan aplikasi semacam ini apakah menarik minat orang-orang yang sudah keracunan akut anti pemerintah. Karena yang saya amati orang-orang semacam ini tidak peduli apakah informasi itu sumbernya kredibel atau tidak,yang mereka pedulikan hanya apakah informasi tersebut sesuai dengan yang mereka yakini atau tidak.
Meski pesimis saya tetap mengacungi jempol bagi para creator dan penggiat media yang berusaha keras mencerdaskan warganet Indonesia.Salut...!"

Terimakasih telah membaca :)

0 Response to "Tentang Aplikasi Smartphone Hoax Buster Tools"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel