Tentang Terpilihnya Tirto.id Sebagai Media Partner Facebook Dalam Melawan HOAX

Setelah diguncang dengan skandal Cambridge  Analytica,yang menyebabkan saham Facebook melemah di pasaran hingga 5 %,Mark Zuckerberg bertekad untuk merombak sistem keamanan dan juga layanan di Facebook. Sesuai dengan janjinya yang ia posting di halaman facebook pribadinya beberapa hari lalu, Facebook meluncurkan laman pengaturan yang tampilannya diperbaharui,agar lebih simple digunakan user. Selain isu Cambrige Analytica Facebook juga di tuduh menjadi media dimana praktek hoax merajalela dan menyebabkan banyak negara dan masyarakat dunia menuai masalah.

Untuk masalah HOAX,Facebook bertekad memperbaiki masalah ini dengan cepat dan seksama. Namun melihat kenyataan dilapangan dimana hoax tiap hari tumbuh merajalela dan sulit dikendalikan,Facebook memutuskan bekerjasama dengan pihak ketiga. Program Third Party Fact Checking  merupakan program yang berfungsi mendeteksi berita-berita palsu yang beredar di Facebook. Dan untukmenjalankan fungsi program ini di Indonesia,Facebook memilih bekerjasama dengan media online yang sedang digemari netizen Tirto.id

Tentang Terpilihnya Tirto.id Sebagai Media Partner Facebook Dalam Melawan HOAX
logo : tirto.id 

Program "Third Party Fact Checking" bekerja dengan mendeteksi berita palsu dan mengurangi distribusinya,lalu Tirto.id akan mengecek kebenarannya. Apabila Tirto.id menilai berita itu diragukan kebenarannya maka akan muncul notifikasi "telah ditandai pemeriksa fakta diragukan akurasinya". Selain itu akan muncul juga artikel yang mengcounter berita hoax tersebut. Meskipun sulit memeriksa semua berita yang bertaburan di Facebook,namun mereka pasti akan bekerja secara maksimal.

Alasan kenapa Tirto.id yang dipilih sebagai media partner penanggulangan penyebaran hoax di Facebook,karena Tirto.id lah yang lolos verifikasi IFCN (International Fact-Checking Network) pada 12 Januari 2018 kemarin. Dan Tirto.id adalah satu-satunya media dari Indonesia yang lolos untuk kategori "Periksa Data" dan "Indepth Reporting". Mereka menilai bahwa Tirto.id serius dalam memberi data yang kredibel,akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. Atas prestasinya ini jugalah Tirto.id mendapatkan penghargaan Adinegoro.

 Sejarah Berdirinya Media Online Tirto.id

Tirto.id adalah sebuah situs berita online dan infografik yang bermarkas di Jakarta dan Jogjakarta. Diluncurkan pada 3 Agustus2016,nama Tirto berasal dari nama seorang pahlawan dibidang pers bernama Tirto Adhi Soerjo. Beliau adalah orang yang mendirikan surat kabar"Soenda Berita'' , "Medan Prijaji",dan "Poetri Hindia". Selain itu beliau juga merupakan pendiri "Serikat Dagang Islam (SDI). Slogan Tirto.id adalah Jernih,Mengalir dan Mencerahkan.

Tirto.id didirikan oleh Atmaji Sapto Anggoro yang sekaligus menjabat sebagai CEO dan pemimpin redaksi,juga mendanai media ini sendiri. Tirto berdiri dibawah bendera P.T. Tirta Adi Surya. Yang menyenangkan dari media ini adalah tidak memasang google adsense sejauh ini,sehingga tampilan lamannya terlihat bersih. Penayangan iklannya saya amati dimodfikasi dalam bentuk artikel sejarah perusahaan sang pemasang iklan. Sungguh brillian dan bijak.

Selain penghargaan Adinegoro,Tirto juga pernah mendapat penghargaan dari "Organisasi Buruh Internasional" yang bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Indonesia untuk kategori "Feature Articles" dan "Photo Story",dalam ajang "IDWebsite Awards 2016" yang diselenggarakan oleh  Pengelola Domain Internet Indonesia(PANDI), Tirto juga mendapatkan penghargaan sebagai laman berita terbaik.

Jadi jangan ragu baca Tirto.id Salam internet sehat

referensi : tirto.id dan wikipedia indonesia

0 Response to "Tentang Terpilihnya Tirto.id Sebagai Media Partner Facebook Dalam Melawan HOAX"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel