Bahaya Yang Mengincar Dibalik Aplikasi Terinstall Di HP

Beberapa waktu terakhir masyarakat dibuat geregetan dengan banyaknya kasus mengenai bocornya data-data pribadi pengguna sosial media ke pihak-pihak yang tak diinginkan. Tak hanya dari kasus Cambridge Analitica yang menyeret raksasa sosial media Facebook,kali ini lebih nyata lagi gangguan akibat pembocoran data tersebut.


Laporan gangguan ketentraman dan keamanan tersebut disinyalir berasal dari beberapa aplikasi yang diunduh di Indonesia terutama aplikasi kredit online. Masalahnya berawal dari pihak yang membuat pinjaman online ke pihak penyedia jasa alias pemilik aplikasi kredit online.

Ada Apa Dengan Aplikasi Kredit Online?

Untuk bisa mengajukan kredit barang-barang yang diinginkan seperti Handphone,laptop atau keperluan rumah tangga lain,seseorang memang tidak perlu diribetkan dengan urusan surat menyurat bahkan jaminan untuk bisa memiliki barang impian secara kredit.

Sang peminjam atau yang mengajukan kredit hanya harus menginstall aplikasi dan diberikan pinjaman berupa limit sejumlah uang yang bisa ia cicil pembayarannya dalam jangka waktu yang ditentukan. Jika reputasi pembayaran kredit baik,maka pada transaksi selanjutnya limit akan dinaikkan,sehingga bisa mengkredit barang yang lebih mahal lagi.

Dengan kemudahan aturan pengajuan kredit dan pinjam uang dengan bunga rendah semudah itu,tentu saja banyak yang tergiur mencobanya. Tapi tunggu dulu,ternyata banyak sekali keluhan yang dialami oleh sejumlah orang akibat install aplikasi kredit online ini. Masalahnya dalam menginstall kemudian menggunakan aplikasi kredit ini,aplikasi mengajukan izin untuk akses semua nomor kontak di HP sang pelaku kredit.

Sehingga pihak peminjam atau pemilik aplikasi bisa setiap saat menghubungi atau meneror orang-orang dikontak handphone sang peminjam,bila kreditnya macet atau tidak dibayar. Menyebalkan sekaligus mengerikan bukan?'

Cara Mengatasi Bahaya Yang Ditimbulkan Akibat Install Aplikasi Berbahaya

Nah untuk menanggulangi masalah ruwet ini kita memang harus berhati-hati dalam menginstall sebuah aplikasi. Perhatikan izin apa saja yang harus kita setujui untuk menggunakan aplikasi yang kita install tersebut. Dan perhatikan jugan siapa developernya.
Agar dikemudian hari tidak menimbulkan gangguan keamanan dan keresahan terhadap Anda dan orang-orang dilingkaran pertemanan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Yang Mengincar Dibalik Aplikasi Terinstall Di HP "

Posting Komentar