6 Cara Menghemat Data Di Internet


Bermain internet memang super mengasyikkan. Rasanya sulit sekali melepaskan gengaman kita pada Handphone kesayangan. Kalau sudah begitu siap-siap kantong kempes,karena harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli kuota data yang tidak murah lagi boros pemakaian itu.

Bermain game online,nonton youtube,baca berita,scrolling sosial media berjam-jam,membalas chat,komentar apalagi menonton video adalah kegiatan paling menyenangkan namun boros kuota. Bagaiamana mengatasi kecanduan internet memang pembahasan yang belum masuk kategori penting dinegeri ini.

Jadi bagaimana agar kita bisa menghemat kuota data saat bermain internet? Penjelasan berikut mungkin ada beberapa yang sudah Anda tahu,tapi sebaiknya kita bahas saja satu persatu demi kemaslahatan banyak netizen lainnya yang belum tahu.

6 Cara Menghemat Kuota Data Di Internet:

1. Mengaktifkan Mode Hemat Data

Tipe smartphone edisi terkini banyak menyematkan fitur hemat data pada smartphone yang dipasarkannya. Contohnya Samsung J series. Cara kerja fitur hemat data samsung J series adalah mencegah penggunaan data background pada aplikasi.

Dan kita bisa menentukan aplikasi mana saja yang akan kita hemat pemakaian datanya. Fitur yang diberi nama Ultra Data Saving  merupakan hasil kerjasama dengan opera max.

2. Menggunakan Aplikasi versi ringan.

Memang sudah lama bahwa facebook ada versi ramping alias  hematnya yang diberi nama facebook lite. Nah belakangan hadir juga Twitter lite. 
Jangan lupa sekarang ada aplikasi hemat lain seperti youtube go,maps go,gmail go dan seterusya

Selain aplikasi-aplikasi tersebut hemat data,karena konten seperti video tidak akan diputar secara otomatis dan pada video ada pilihan kualitasnya,aplikasi tersebut otomatis juga hemat ruang memori penyimpanan,karena ukurannya lebih kecil.

3.Tidak Membuka Jendela Aplikasi Secara Bersamaan.

Membuka aplikasi demi aplikasi tanpa menutup terlebih dahulu aplikasi yang lainnya,akan merongrong kuota data kita sehingga cepat habis. Apalagi HP yang Anda gunakan tidak punya fitur hemat data.

Selalu cek apakah ada aplikasi yang terbuka lain,selain yang sedang kita buka melalui tombol sebelah kiri bawah smartphone kita. Lalu klik silang atau hapus semua,untuk aplikasi yang tidak kita perlukan lagi. Jangan lupa hal ini berlaku juga dibrowser yang sedang kita buka. Klik silang untuk halaman terbuka yang telah kita baca dan tidak diperlukanlagi.

4. Buka Sosial Media Menggunakan Browser Saja

Nah ini cara kuno untuk menghemat data.  Karena selain membuat ruang memori handphone jadi tidak cepat penuh,aplikasi dismartphone yang berjibun memang menguras kuota data internet.

5. Pakai Browser yang terbukti hemat data

Nah ini juga sudah familiar ya. Bahwa memakai  browser dari produk opera misalnya,memang akan menghemat data kita,karena mereka memang jagonya membuat  kuota data tak terpakai secara brutal. Browser bawaan hp juga ada yg punya fitur hemat.

6. Berburu Promo Kuota Data Internet

Sebenarnya cara ini ragu saya masukkan list,tapi sepertinya ini memang harus masuk daftar cara berhemat data. Karena dengan promo internet kita bisa membeli kuota yang lebih banyak dengan harga yang lebih miring. Alhasil kegiatan berselancar kita akan bebas khawatir.

Meskipun cara-cara menghemat kuota data diatas kadang sedikit menganggu kenyamanan berselancar di internet,namun demi penghematan dan Indonesia yang lebih kaya,kenapa enggak?
Selamat Berhemat...!"


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Cara Menghemat Data Di Internet"

Posting Komentar